Kamis, 10 Januari 2013

Langkah-langkah Membuat Laporan Tahunan Menggunakan Ms. Excel


Langkah-langkah Membuat Laporan Tahunan Menggunakan Ms. Excel Adalah Sebagai Berikut :
1. Tambah Jumlah Sheet Sesuai Kebutuhan :
a.       Pada bagian tab lembar kerja / shet yang terletak pada bagian bawah klik kanan.
b.      Insert, word sheet.
c.       Tambahkan sesuai keinginan.
d.      Pada laporan ini tambah sekitar 20 sheet.

2. Beri Nama Sheet Sesuai Keinginan :
a.       Klik kanan pada sheet, lalu klik rename.
b.      Buat nama sheet sesuai yang kita inginkan, lalu enter.

3. Jika Ingin Memberi Warna Pada Tab :
a.       Klik kanan, tab color.
b.      Pilih warna sesuai selera.

4. Memanggil Nama Sel :
            Maksudnya disini agar kita tidak mengalami kesulitan untuk membuka data pada sheet yang lain yang mempunyai data yang sama.

Misalnya : buat bulan januari, kita beri nama berjalan agar tidak  susah mengetik ulang bulan januari.
Contoh :  laporan tahunan
a.       Pada penunjuk sel  D10 januari.
b.      Pada baris nama sel yang terletak sebelah baris rumus..sebelah atas  nama colom
c.       Tertulis D10 klik kiri nama baris D10.
d.      Ketik nama yang diinginkan untuk memanggil sel.
e.       Enter, begitu juga pada sel yang lainnya.

5. Menggabungkan Beberapa Sel :
a.       Blok sel yang ingin digabungkan dengan syarat selnya dekat tidak berjauhan. Mis : A2, A3, dst... ke samping bisa juga A1, B1, dst...

A
B
C
D
1
2

b. Klik merge sel...

A
B
C
D
1
2

c. Untuk mengatur tulisan atau isi sel agar di tengah, klik kanan atau cari cel aligment atau  klik kanan, format sel, klik tab aligment...
6. Memberi Warna Sel :
            Blok sel yang ingin diberi warna. Klik kanan, pilih theme color. Pilih warna yang diinginkan, klik enter.

7. Menghapus dan Mengedit Sel :
            Klik atau blok sel yang ingin dihapus klik kanan delete atau langsung menekan tombol delete yang ada pada keyboard.

8. Menyalin data dengan auto Fill :
            Misalnya nomor berurutan 1, 2, 3
a.    Letakan sel pada pointer yang akan di copy bawa pointer mouse ke sudut kan bawah sel hingga muncul tanda tambah hitam +
b.    Klik tahan dan geser mouse ke arah yang diinginkan.
c.    Lepas tombol mouse.

9. Memberi Comment / Penjelasan Pada Sel :
a.    Klik kanan sel yang ingin diberi keterangan.
b.    Insert comment.
c.    Atur format comment sesuai selera pada menu home untuk word 2007.
d.   Pindah ke sel lain secara otomatis comment akan tersimpan dan tampil setiap anda membuka sel.

10. Mengatur Format Tampilan Angka :
a.    Blok sel yang akan diformat.
b.    Klik  kanan, format sel ( ctrl 1).
c.    Pada kotak format sel klik tab number.
d.   Pilih kategori format yang diinginkan.
e.    Klik ok jika format selesai ditentukan.

11.  Membuat Binhkai Tabel :
a.    Blok sel yang ingin diberi bingkai.
b.    Klik icon border pada menu format atau format sel
c.    Pilih border yang diinginkan.Sesuaikan bentuk garis, warna sesuai keinginan.

12. Menyalin Data Sel :
a.    Blok sel, klik kanan copy untuk menyalin, cut untuk memindahkan.
b.    Sorot lokasi tempat hasil yang diinginkan.
c.    Klik kanan paste atau ctrl+v.

13. Menggunakan Rumus atau fungsi :

Catt : harus selalu di awali dengan simbol =

Dengan cara menunjuk :
a.    Tempatkan petunjuk pada posisi yang diinginkan.
b.    Ketik =
c.    Masukan formula : sum (jumlah), average (rata2) dll sesuai keinginan
d.   Buka kurung klik sel pertama, (sel kedua) yang ingin dijumlahkan tutup kurung.

Ex : =sum(A5,(B3))

Menjumlahkan Sel :

MIS B1, B2, B3, B4 dsb :
a.    Ketik = blok sel
b.    Cari menu sum pada formula, auto sum hasil akan tertulis d bawah ato samping sel yang di blok
c.    Enter, atau
d.   bisa juga =sum(B1:B4) bgitu jga untuk average.

If, digunakan untuk memberi syarat pada perintah dengan menggunakan pembanding :
= sama dengan
< kecil dari
>  besar dari
<= kecil atau sama dari
>= besar atau sam dari

contoh =IF(I7<I$18,"BINA","-")
bila data pada I7 kecil dri I18 maka bina, bila tidak –

ket:
            $ digunakan bila pada saat menggunakan auto fill I18 tetap dipakai tidak berubah menjadi I19. Atau bisa juga diganti dengan memanggil nama sel conth tdsjan

14.  Membuat Grafik :
a.    blok sel yang dinginkan, insert chart atau klik icon wizart chart
b.    pilih grafik yang diinginkan pada chart type
c.    atur grafik klik kanan grafik atau sesuai format yang didinginkan.

Merubah Type Grafik :
a.    klik kanan change chart type
b.    pilih chart yang diinginkan
c.    ok

Memberi Judul dan Merubah Warna Area :
a.    klik kanan area kosong grafik.
b.    pilih format chart area, klik font, patern untuk memilih warna latar judul atau grafik
c.    ok

Memindahkan Grafik :
a.    klik tahan area geser mouse hingga grafik ikut berpindah
b.    lepas mouse pada area yang diinginkan.

Menghapus Grafik :
a.    klik grafik, delete.

15.  Menghilangkan Kolom dan Baris yang Tidak Digunakan :
a. Blok baris yang tidak digunakan
b.    Klik format,  hide row untuk baris atau  hide coloum untuk kolom
c.    Bila batal klik unhide row / coloum.

16.  Memberi Protect Sheet agar Tidak Bisa Diganggu :
a.    Format, protect sel
b.    Contreng sesuai bagian yang ingin diprotect
c.    Masukan password
d.   Klik ok
e.    Menghilangkan protect, klik unprotect dan masukan password

17. Lock Sel :
a.    Agar formula pada table tidak bisa dirubah
b.    Format sel, contreng lock
c.    Klik Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar